DESKTOP PUBLISHING (DTP)

              Pada mulanya Komputer pribadi hanya digunakan untuk pengolahan teks, tetapi akhirnya dipergunakan juga untuk memenuhi kebutuhan media cetak. Misalnya, dengan Teknologi Desktop Publishing yang dibantu komputer pribadi, kita dapat mencetak lembaran tertulis, lembaran propek, lembaran untuk seminar yang repsentatif, bahkan mencetak sebuah buku dengan baik. Desktop publishing adalah istilah yang diciptakan setelah perkembangan tertentu jenis perangkat lunak. Sebelum penemuan perangkat lunak penerbitan desktop tugas yang terlibat dalam desktop publishing dilakukan secara manual, oleh berbagai orang dan terlibat baik desain grafis dan prepress tugas-tugas yang kadang-kadang menyebabkan kebingungan tentang apa desktop publishing dan bagaimana hal itu dilakukan.

              Desktop publishing adalah penggunaan komputer dan software untuk membuat tampilan visual dari ide dan informasi. Penerbitan dokumen Desktop mungkin untuk desktop atau percetakan komersial atau distribusi elektronik termasuk PDF, menunjukkan slide, newsletter email, dan situs web. Pada Desktop Publishing, kecepatan bukan merupakan hal yang terpenting. Tetapi karena pada monitor nanti akan tampak gambar, seperti pada hasil tercetak maka computer yang diperlukan ialah yang berkemampuan tinggi. Sebuah penyimpanan data (RAM) dengan kapasitas 640KByte sangatlah diperlukan, mengingat luasnya program. Di samping itu pada program yang dapat menciptakan gambar dan teks, dan juga sejumlah data yang penting pada proses pengelolahan gambar.

            Definisi lama, desktop publishing adalah penggunaan komputer dan software khusus untuk membuat dokumen untuk desktop atau percetakan komersial. Desktop publishing mengacu pada proses menggunakan komputer untuk menghasilkan dokumen-dokumen seperti newsletter, brosur, buku, dan publikasi lain yang pernah dibuat secara manual dengan menggunakan berbagai teknik non-komputer bersama dengan mesin besar phototypesetting kompleks. Hari ini perangkat lunak penerbitan desktop semua itu – nyaris. Tapi sebelum PageMaker dan perangkat lunak penerbitan desktop lainnya ada e-sisik, paste-up, dan cara-cara non-komputer desktop menyusun rancangan untuk pencetakan.

Benar penerbitan berbicara, desktop adalah perakitan teknis file digital dalam format yang sesuai untuk dicetak. Dalam penggunaan praktis, banyak dari desain “grafis” proses juga dilakukan dengan desktop publishing dan software grafis dan kadang-kadang termasuk dalam definisi desktop publishing. Perbandingan antara desktop publishing dan desain grafis:

  • Apa Desktop Publishing – Ini adalah proses dengan menggunakan komputer dan tipe tertentu perangkat lunak untuk menggabungkan teks dan grafis untuk menghasilkan dokumen-dokumen seperti newsletter, brosur, buku, dll
  • Apa itu Desain Grafis – Ini adalah proses dan seni menggabungkan teks dan grafis dan mengkomunikasikan pesan yang efektif dalam desain logo, grafis, brosur, buletin, poster, tanda, dan setiap jenis komunikasi lainnya visual.

Perangkat lunak penerbitan Desktop adalah alat bagi desainer grafis dan non-desainer untuk menciptakan komunikasi visual.

Desktop publishing (juga dikenal sebagai DTP) menggabungkan sebuah komputer pribadi dan WYSIWYG layout halaman perangkat lunak untuk membuat publikasi dokumen pada komputer baik untuk penerbitan skala besar atau kecil skala lokal multifungsi periferal output dan distribusi.

Desktop publishing umumnya digunakan untuk menggambarkantata letak halaman keterampilan. Namun, keterampilan dan perangkat lunak tidak terbatas pada kertas dan penerbitan buku. Keterampilan yang sama dan software yang sering digunakan untuk membuat grafik untuk menampilkan titik penjualan , materi promosi ,pameran perdagangan menunjukkan ,paket desain ritel danluar tanda . Dengan kata yang sangat sederhana, dapat dikatakan bahwa itu adalah aplikasi pembuat halaman.

  • Daftar Periksa untuk Desktop Publishing
    • Sistem komputer

Untnk keperluan ini diperlukan sebuah IBM PC-AT atau sebuah komputer kompatibel dengan 20 (dua puluh) atau lebih baik lagi dengan 40 (empat puluh) MegaByte hard disk. Proses gambar monitor yang berdasarkan Motto “what you see is what you get” berlangsung dengan titik gambar tunggal. Hal itu sangat memakan waktu. Grafik pemakai permukaan dari GEM atau Windows, sangat cocok dalam pemakaian produksi, jika kita memakai komputer yang setaraf dengan PC-AT. Barangsiapa yang ingin mengintegrasikan banyak gambar ke dalam teks, maka harus mencoba bekerja dengan komputer jenis 80386 yang bisa berkerja dengan cepat.

  • Sistem software

Siapa yang suadah memutuskan untuk bekerja dengan Ventura Publisher atau PageMaker, jangan hanya menginstalisasi versi pelayanan permungkaan yang sudah dikurangi, tetapi harus juga mempunyai grafik system permukaan secara keseluruhan.

  • Layar Monitor

Biasanya hasil yang kita dapatkan dari lase rprinter, dan dikerjakan oleh Hercules, dalam penampilannya cukup dipakai monitor hitam putih saja. Untuk memakai secara profesional dibutuhkan monitor satu halaman penuh dilengkapi dengan banyak alat kontrol untuk mengawasi setiap elemen gambar dan halaman layout.

Barangsiapa yang banyak bekerja dengan Desktop Publishing, pasti mengiginkan monitor, yang dapat menampakkan gambar halaman kiri dan halaman kanan secara bersamaan sekaligus. Pemberian seperti biasanya harus memakai keyboard dan untuk menentukan posisi gambar pada layar monitor, serta untuk menyusun elemen  dipakai untuk penujuk optis, yaitu mouse. Untuk menjatuhkan pilihan mouse yang tepat atau sejumlah grafik, harus diperhatikan, bahwa semua itu harus didukung oleh program yang sesuai.

Pemberian data yang dimaksud itu ialah teks dan program grafik, yang kemudian data itu oleh program Desktop Publishing akan diolah lanjut untuk menentukan program Desktop .Publishing yang akan kita pakai, banyak hal yang harus kita perhatikan. Misalnya apakah program teks yang sudah dikuasai pemakaiannya itu dapat langsung diambil alih tanpa konversi. Hal ini perlu juga diperhatikan oleh para pengguna, yang ingin mencetak buku dan memerlukan gambar, dari program CAD.

  • Hasil produksi

Untuk hasil produksi, sangat dibutuhkan sebuah laser printer. Dari segi kualitas, jika digunakan dokumen Desktop Publishing itu, maka peragaan dengan 300 x 300 titik gambar setiap inci merupakan syarat mutlak. Secara keseluruhan dan selama software mendukung, ada (tiga) alat yang harus diikutsertakan, pertama adalah sebuah Apple LaserWriter, yang bekerja dengan PostScript dan sistem compatible Kedua ialah Hewlett Packard Laserjet dalam versi baru yang bekerj dengan Document Descriptive Language dan ketiga ialah Xerox Las yang melayani bahasa grafik interpress. Bagian potongan Xerox itu akan sangat menarik, karena bagian itu akan mengendalikan laser printer Rank Xerox yang berkemampuan tinggi dalam mencetak.

  • Program Desktop Publishing
    • Personal Publisher

Dari semua yang paling murah dari program Desktop Publishing adalah Personal Publisher dari Klick Art. Jika menginstalasikan PC dan memulainya, pada monitor  akan menemukan daerah penggunaan, yang sukar untuk dibedakan dengan monitor dari apple Macintosh Programnya akan dikirimkan sebagai versi dasar basis, yang bekerja sama dengan matrix printer. Sebagai tambahan akan dikirimkan juga sistem untuk laser printer, beberapa jenis tulisan dan pustaka. Programnya membutuhkan paling sedikit 512 KByte RAM dan dua drive. Hubungan ketra dengan program lain sangat mudah karena hampir semu fungsi akan diterangkan dengan menu Pulldown, yang akan diperlihatkan pada layar monitor bagian atas.

  • Harvard Professional Publisher

Harvard Professional Publisher (HPP) adalah produk kelas menengah dari software Publishing.” Yonior Product”-nya ialah Personal Publisher dan “senior Product”-nya ialah Superpage II. Superpage II  adan HPP dikembangkan oleh Bestito dan mempunyai bagian potongan data. Perbedaanya dengan Ventura Publisher dan PageMaker ialah sistim pelayananya mempergunakan pelayanan permukaan, yang dikendalikan oleh menu HPP.

  • Super Page 2

Super Pge adalah program dalam membuat naskah/teks. Program ini dapat digunkan untuk membuat majalah. Program ini lebih lengkap dibandingkan dengan Harvard Professional Publisher. Pada Super Page dapat menulis banyak jenis huruf pada setiap dokumen. Perbedaan yang menjolok di antara 2 program tersebut adalah pada pengendalian output/keluaran.

  • Scientex-Publisher

Scientex-Publisher merupakan pengembangan dari program Scientex. Program ini dikendalikan dengan tombol-tombol fungsi. Arti dari tombol fungsi dapat dibaca pada bagian layar. Program ini dapat langsung dikumpulkan dengan scanner. Gambar-gambar dapat diambil alih ke halaman. Perbedaan lainnaya ialah pada Macronya. Pada say mencetak, selutuh jenis tulisan akan dikendalikan secara langsung Laser Printer bekerja dengan kecepatan maksimal, selama tidak terintegrasi gambar pada teksnya.

  • First Impression

First Impression, yang dikembangkan olehMegaus Coporation, dititikberatkan pada pembuatan teks dan penampilan halaman pada dokumen laser. Program ini menyediakan modul teks. Modul teks ini dapat menawarkan Open Acsess II dan dapat menagani dokumen denagn jumlah yang cukup besar. Jimlah halaman dapat mencapai 32.000. Dengan demikian salah satu masalah pada program Desktop Publishing sudah terselesaikan.

  • Praktek Desktop Publishing

Desktop Publishing menawarkan dan menjanjikan pembuatan naskah secara optimal. Jika kita berpendapat bahwa setelah membeli komputer dan laser printer maka segalanya akan beres dengan menggunakan software yang canggih, pendapat kita tentu salah dan kita akan kecewa tentang hal itu bahkan merupakan masalah lagi bagi program Desktop Publishing untuk menangani naskah dari program teks dan membuat pola tanpa kesalahan berdasarkan kriteria yang ditetapkan. Jika kita ingin mengerjakan naskah dengan suatu blok naskah atau tabel dengan huruf yang propotional, maka kita akan mendapatkun hasil yang memuaskan.

  • Memilih Program

Sebelum memulai harus memiliki peralatan yang sesuai. Pada pasaran Jerman tersedia produk-produk Amerika, yang juga menawarkan karakter-karakter khusus untuk bahasa Jerman. Selain itu ditawarkan juga penghubung untuk mengintegrasikan gambar. Pada pemilihan itu, pengarang harus mempunyai penilaian tentang masig-masing software. Setelah diadakan penelitian, untuk saat ini hanya program Ventura Publisher saja yang dapat bekerja dengan sistem IBM PC kompatibel dengan baik.

  • Hardware

Pembuatan kombinasi gambar dan teks hanya dapat dilakukan dengan sistem komputer jenis AT. Komputer 80386 dapat digunakan lebih efektif. Monitor yang digunakan adalah monitor satu halaman penuh, karena dapat langsung menilai hasil yang akan dicetak dalam bentuk 1 halaman pada layar tersebut. Untuk dapat bekerja lebih efektif dapat digunakan monitor biasa. Karena pada pembuatan buku atau publikasi lainnya harus diintegrasi gambar dan teks, maka dibutuhkan memori sekitar 10 MByte. Sebagai petunjuk optic dapat digunakan sistem mouse. Untuk Desktop publishing ditawarkan Tandon PAC 286, untuk mengamankan buku melalui pertukaran Datapack.

  • Printer

Untuk printer ditawarkan 2 jenis laser printer. Pertama, laser printer yang kompatibel dengan Hewlett-Packard-Laserjet-Plus dengan memori printer 2 MByte dan harus dengan laser printer PostScript. Dalam prakteknya, masing-masing sistem mempunyai kelebihan maupun kekurangan. HP laserjet jelas dapat khususnya untuk huruf dan gambar besar. Printer PostScript menyediakan jenis huruf yang lebih banyak seperti times dan heluetica. QMS menawarkan MS PS 800 Plus  dengan laser printer, yaitu PostScript ataupun HP-Laserjet-Emulation. Hewlwtt-Packard, untuk laserjet series II terdapat Modulboard untuk mencetak jenis PostScript. Pengguna profi harus menggunakan sistem cahaya untuk mendapatkan pola pencetakan konversional.

  • Gambar dan Teks

Pada integrasi gambar dan teks tidak selalu dapat dilakukan secara mulus seperti yang diterangkan pembuatnya. Integrasi gambar tanpa keterangan gambar dapat dilakukan tanpa kesulitan. Huruf dapat disajikan pada proposisi yang benar. Hal ini dapat mempengaruhi mengambilalihan gambar pada format GEM-Metafile. Program Desktop Publishing menawarkan fungsi-fungsi untuk meletakkan gambar pada figura dan untuk mentrasformasi gambar. Kualitas gambar yang baik tidak akan dapat diraih gambar pixel jika tidak melalui tarnsformasi. Untuk spasi, keluaran yang baik adalah gambar-gambar yang dihasilkan oleh GEM Draw Plus atau GEM Graph. Software cangih untuk mengintegrasikan scanner adalah Hewlett-Packard dengan scanning-Gallisy ke HP-scanjet. GEM scan dari Digital Research merupakan software scanner universal yang harus diuji. Untuk jenis scanner di sini tidak kompatibel seperti pada Hewlett Packard. Untuk menipulasi gambar terdapat Professional Paintbrush, yang rnemhutuhkan 640 Kbyet melalui Above-Board-Cancepst. Hlaman DIN-A4 yang ter-scanner memerlukan memori lebih dari 1 Mbyet sekaligus pada main memori.

  • Penampilan Praktis

Membuat teks pada suatu halaman tidak akan jadi masalah, jika layout, halaman sudah ditetapkan. Ventura Publisher, sebagai contoh, menangani teks pada halaman di atas secara otomatis. Jika huruf pada halaman akan diperbesar atau membuat tempat figura untuk gambar, maka teks. akan dilakukan perubahan total secara otomatis. Pada kesempatan akan ditunjukkan batas-batas sistem kompatibel AT. Teks-teks akan dinyatakan sebagai bit-images. Pada petunjuk kerja pengkoreksi typografi, jarak baris dihitung dahitung dalam pica dan titik. Sedangkan jarak alinea dihitung dalam inci untuk menangani berbagai macam elemen secara benar, diperlukan kalkulator. Seluruh program Desktop Publishing membutuhkan RAM sebesar 640 KByte.

Proses dengan Ventura yang cukup menyulitkan, bahwa figure gambar dan elemen grafik lainnya tidak disimpan dengan nama terltentu sehingga tidak dapat dipanggil pada halaman yang berbeda-beda. Pengaturan huruf-huruf sangat sempurna dan alinea yang berbeda-beda atau elemen teks dapat dilihat pada pustaka format. Sangat menarik pada format program ini ialah penanganan tabulasi dan pengaturan catatan kaki.

By ptkomunikasi

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s