APLIKASI TEKNOLOGI KOMUNIKASI SECARA UMUM

Secara sederhana, komunikasi adalah suatu proses dimana individu atau kelompok, organisasi, dan masyarakat saling melakukan interaksi dengan menggunakan informasi agar dapat terhubung antara yang satu dengan yang lain. Sedangkan teknologi komunikasi adalah peralatan perangkat keras (hardware) dalam sebuah struktur organisasi yang mengandung nilai-nilai sosial, yang memungkinkan setiap individu mengumpulkan, memproses, dan saling tukar menukar informasi dengan individu-individu lainnya.

Teknologi komunikasi berkembang cepat dengan meningkatnya perkembangan teknologi elektronika, sistem transmisi, dan sistem modulasi, sehingga suatu informasi dapat disampaikan dengan cepat dan tepat. Saat ini teknologi komunikasi sudah berkembang sangat pesat di masyarakat. Bahkan teknologi komunikasi memilik peran yang sangat besar dalam kehidupan masyarakat. Berikut akan dijelaskan beberapa peranan teknologi komunikasi dalam berbagai bidang yang terjadi dalam kehidupan masyarakat.

  1. Keluarga

Peranan teknologi komunikasi yang pertama akan Paseban bahas yakni dalam kehidupan berkeluarga. Beberapa elemen penting mengenai komunikasi dalam keluarga adalah mengenai bagaimana komunikasi itu dapat tetap berjalan meskipun berada di tempat yang berbeda. Untuk itulah para ahli komunikasi menciptakan sebuah alat yang dapat membantu keluarga untuk tetap berkomunikasi. Alat yang bernama handphone ini sangat penting dan berguna dalam mempertahankan komunikasi antar keluarga. Dimanapun keluarga tersebut berada, mereka tetap dapat berkomunikasi dengan baik. Selain handphone, saat ini hampir tiap keluarga mempunyai komputer di rumahnya.

Semakin terjangkaunya harga komputer mengakibatkan semakin banyak pula keluarga yang memiliki komputer di rumah mereka. Banyak kegiatan yang dapat dilakukan dengan menggunakan komputer, seperti mengerjakan tugas sekolah, belajar, mengatur keuangan keluarga, mendengarkan musik, menonton video, dan bermain games. Bagi keluarga-keluarga di negara maju, komputer juga digunakan sebagai alat untuk berbelanja secara elektronik dengan cara melakukan pemesanan barang secara on-line dan melakukan pembayaran secara elektronik.

  1. Dunia Pendidikan

Dalam dunia pendidikan, peranan teknologi komunikasi sangat dirasakan baik oleh para pengajar maupun oleh siswa atau mahasiswa. Dengan teknologi komputer dan internet, para siswa atau mahasiswa tidak hanya dapat belajar di dalam kelas. Mereka dapat belajar di mana pun karena hampir semua materi pelajaran dapat diperoleh melalui CD, power point dari para pengajar, atau langsung diakses melalui internet seperti metode e-learning dan lainnya. Ada juga perpustakaan elektronik (e-library) dan buku elektronik (e-book) yang dapat membantu para siswa dan mahasiswa dalam menyelesaikan tugas-tugas mereka dan yang terpenting adalah semakin membuka wawasan mereka.

Saat ini di PAUD atau TK juga sudah memakai komputer sebagai alat bantu dalam mengajarkan anak. Dengan menggunakan game yang menarik untuk anak, para pengajar tersebut dapat mengajarkan anak dengan lebih baik dan yang pasti menyenangkan bagi anak tersebut.

  1. Dunia Kerja (Kantor)

Dalam dunia kerja atau khususnya wilayah perkantoran, rata-rata sudah memiliki komputer. Komputer banyak digunakan di kantor-kantor untuk membantu pekerjaan administrasi. Pembuatan surat-surat yang dahulu menggunakan mesin tik manual kini digantikan oleh komputer. Di samping hasilnya lebih rapi dan dapat dikoreksi sebelum dicetak, surat juga dapat disimpan dalam bentuk dokumen elektronik. Apabila suatu saat diperlukan kembali maka dokumen/file tersebut dapat digunakan kembali.

Selain pekerjaan tulis menulis, di dalam kantor juga terdapat kegiatan penyimpanan dokumen-dokumen penting. Dokumen-dokumen tersebut disimpan dengan baik sebagai arsip perkantoran tersebut. Bukan hanya mengenai komputer. Saat ini di berbagai kantor sudah disediakan absensi elektronik, sehingga karyawan yang tidak masuk akan lebih mudah diketahui oleh pemimpin di kantor tersebut.

  1. Bidang Bisnis dan Perbankan

Peranan teknologi komunikasi dalam bidang bisnis dan perbankan sangat besar karena tujuan dari bisnis dan perbankan adalah untuk mencari keuntungan yang diperoleh dari hasil transaksi, baik barang maupun jasa. Dalam dunia perbankan, selain untuk menjalankan kegiatan-kegiatan rutin kantor, sistem komputer dapat membantu pelayanan terhadap para nasabah dengan baik. Nasabah dapat melakukan transaksi perbankan secara aman dan nyaman.

Salah satu alat yang sangat terlihat dalam membantu para nasabah adalah Automatic Teller Machine atau yang lebih dikenal dengan ATM. Saat ini ATM sudah banyak tersebar di berbagai daerah di Indonesia, sehingga dapat semakin memudahkan nasabah dalam melakukan transaksi tunai atau pemabayaran lain.

  1. Bidang Kedokteran

Pada bidang kedokteran, komputer banyak digunakan untuk membantu para dokter dalam berbagai hal, misalnya memeriksa, mendiagnosa, dan menentukan penyakit pasien dengan memasukkan data-data keluhan pasien ke dalam sistem komputer, menentukan jenis terapi dan pengobatan berdasarkan informasi dari sistem komputer, mempercepat proses uji laboratorium pasien, memantau kondisi pasien (denyut jantung, suhu, dan tekanan darah pasien), dan lainnya.

Beberapa alat yang biasanya digunakan dalam bidang kedokterna yaitu CT-Scan, Rontgen, dan lainnya. Dengan alat bantu tersebut, para pekerja medis dapat dengan mudah mengetahui penyakit dalam yang diderita oleh pasien, sehingga dapat melakukan cara penanggulangan penyakit dengan cepat dan baik.

  1. Kehidupan Wanita

Saat ini teknologi informasi dan komunikasi merupakan elemen penting dalam kehidupan berbangsa dan bernegara. Peranan teknologi informasi pada aktivitas manusia pada saat ini memang begitu besar. Teknologi informasi telah menjadi fasilitas urgen bagi kegiatan berbagai sektor kehidupan yang mana memberikan andil besar terhadap perubahan –perubahan yang mendasar pada struktur operasi dan manajemen organisasi, pendidikan, trasportasi, kesehatan dan penelitian. Oleh karena itu sangatlah penting peningkatan kemampuan sumber daya manusia (SDM) baik pria maupun wanita dalam bidang teknologi informasi, mulai dari keterampilan dan pengetahuan, pengoperasian, perawatan dan pengawasan, serta peningkatan kemampuan TIK.

Seperti sudah kita lihat diatas, bahwa peranan teknologi informasi telah menjadi sangat penting artinya bagi kita. Wanita sebagai salah satu elemen penting dalam kehidupan juga ikut memiliki peran dalam dunia teknologi dan komunikasi, entah itu sebagai pengguna maupun lebih jauh lagi sebagai pengembang. Seiring dengan perkembangan jaman peran wanita dalam kehidupan semakin kompleks dan penting, ketika dulu wanita dikenal hanya sebagai konco wingking (dalam bahasa Jawa yang berarti teman dibelakang atau teman dirumah saja) namun kini pada perkembangannya wanita telah muncul menjadi sosok penting dalam kehidupan berbangsa dan bernegara. Lihat saja posisi-posisi penting dalam berbagai bidang yang kini telah banyak dipegang oleh wanita, mulai dari pemerintahan, perusahaan, organisasi, dan lain sebagainya yang mana kesemuanya itu sudah barang tentu mengharuskan wanita untuk mengikuti perkembangan teknologi dan informasi. Selain peran aktif wanita tersebut, peran wanita dalam perkembangan teknologi juga muncul dari fitrahnya, misalkan dalam hal perkembangan alat-alat kedokteran maupun dalam bidang kesehatan umum serta dalam hal persalinan dimana sekarang ini telah dikembangkan teknologi sedemikian rupa untuk makin meningkatkan kualitas pelayanannya bagi wanita.

Peran wanita dalam kehidupan yang makin kompleks tersebut sudah barang tentu harus diikuti pula dengan kemampuan wanita untuk beradaptasi dengan kebutuhannya, diantaranya yaitu kemampuan untuk menggunakan berbagai perangkat teknologi informasi. Keberadaan seorang wanita jika kita lihat peranannya dalam keluarga yaitu sebagai seorang anak (ketika masih kecil), kemudian menjadi seorang istri dan ibu (ketika telah dewasa) juga telah ikut mendorong pengembangan teknologi informasi.

Ketika seorang wanita masih kecil/anak-anak dia akan mengenal dunia luar, dan dengan teknologi yang makin canggih dia akan mampu mengetahui hal yang lebih banyak yang mungkin belum diketahui oleh orang tuanya, disinilah dia dapat berperan dalam pemberian informasi bagi keluarganya. Kemudian pada wanita yang telah dewasa, dimana dia menjadi seorang istri dan ibu bagi anak-anaknya, peranannya sebagai wanita juga makin besar, selain menjadi pendamping suami dia juga berperan sebagai guru pertama bagi anak-anaknya. Dia menjadi orang yang akan selalu ditanya pertama kali oleh buah hatinya, disinilah pentingnya pengetahuan wanita untuk mencerdaskan keluarga, dan sekali lagi peranan teknologi informasi akan sangat mendukung peran wanita dalam mencerdaskan keluarganya.

Peranan teknologi informasi dan komunikasi dalam kehidupan wanita tidak sebatas pada tataran wanita sebagai pengguna maupun sebagai obyek dari pengembangan teknologi, namun lebih dari itu wanita telah berkembang menjadi subyek dari perkembangan teknologi informasi. Sebut saja sekarang ini telah banyak wanita yang mahir menggunakan perangkat teknologi informasi dalam pekerjaannya, misal sebagai pegawai bank, pegawai rumah sakit, pebisnis online, maupun sebatas sebagai pengguna (user) komputer maupun perangkat mobile lain yang telah menggunakan kecanggihan teknologi informasi.

Jaman dulu wanita dikenal tidak bisa menyampaikan aspirasinya, wanita kurang mendapat pendidikan, dan wanita yang tak mengenal teknologi infornasi dan komunikasi, hal itu sebenarnya bukan berarti wanita tak bisa berbuat apa-apa, akan tetapi keadaanlah yang membuat wanita tak bisa untuk berbuat apa-apa. Wanita zaman dahulu sangat sulit berkembang karena sistemlah yang membatasinya.

Dengan makin berkembangnya tingkat pendidikan wanita, salahsatunya berkat jasa-jasa yang dilakukan oleh R.A Kartini, kini wanita jaman sekarang bisa memperoleh kehidupan yang lebih baik, dan posisinya disejajarkan dengan kaum pria dalam berbagai bidang. Sekarang wanita sudah bisa menyampaikan aspirasinya (misal sebagai anggota masyarakat maupun lebih jauh lagi sebagai wakil rakyat di DPR), kemudian sekarang wanita bebas memperoleh pendidikan yang layak dan pada akhirnya perkembangannya wanita menjadi makin pintar dan makin mengenal teknologi informasi dan komunikasi (hal itu terlihat dari makin banyaknya tenaga ahli wanita), seperti wanita yang bekerja sebagai operator peralatan canggih di perusahaan maupun pemerintahan dan organisasi, wanita sebagai programmer, network administrator, design grafis, internet marketer, hingga astronot wanita dan masih banyak profesi lainnya, selain itu dari sisi sebagai pengguna saat ini wanita juga makin menguasai perangkat canggih teknologi informasi seperti komputer dan gadget canggih lainnya. Itu adalah sedikit contoh dan bukti bahwa wanita telah berkembang maju dalam hal teknologi informasi.

Semakin cepatnya perkembangan Teknologi Informasi dan Komunikasi menuntut manusia untuk mencoba membuat perubahan dalam kehidupannya yang tujuannya adalah mendapatkan hasil maupun kondisi yang terbaik yang dapat dicapai. Wanita sebagai element penting dari suatu bangsa memiliki tugas penting dalam kehidupannya, selain peranannya dalam rumah tangga wanita juga harus aktif dalam kehidupan sosial. Kehidupan sosial wanita sekarang ini tidak dapat lepas dari yang namanya teknologi informasi. Kemudian dalam kehidupan keluarga dimana mereka selain memiliki tugas mengabdi pada suaminya, mereka juga yang mengenalkan dunia pada anak-anaknya. Mereka juga harus bisa survive dalam kehidupan dalam mewujudkan kehidupan yang lebih baik.

Banyaknya sektor kehidupan yang ada diharapkan membuka inovasi baru bagi kita untuk menciptakan sesuatu yang baru untuk kemajuan peradaban manusia. Wanita sebagai seorang anak maupun wanita sebagai seorang ibu sudah barang tentu harus memiliki inovasi dalam meningkatkan kualitas keluarganya. Salah satu media yang saat ini menjadi penting untuk diketahui dalam tiap-tiap keluarga adalah bidang teknologi informasi. Seorang wanita sesuai perkembangan jaman sudah seharusnya melek teknologi, selain penting bagi dirinya sendiri hal itu kelak juga akan penting bagi keluarga dan anak-anaknya kelak. Peranan seorang wanita sebagai guru pertama bagi anak-naknya harus mampu mengakomodir kebutuhan pengetahuan anak-anaknya terkait dengan perkembangan dunia, dimana perkembangan dunia dalam berbagai bidang tersebut akan sangat efektif diikuti dengan mengandalkan perkembangan teknologi informasi, disinilah salahsatu peran wanita untuk mengenalkan dunia teknologi informasi bagi keluarga dan anak-anaknya.

Selain mengenalkan dunia dengan teknologi dan informasi, wanita juga memiliki naluri sebagai seorang ibu, yang mana sudah barang tentu menginginkan yang terbaik bagi buah hatinya. Semua informasi yang ada dari luar sudah barang tentu akan difilter oleh seorang wanita, mana yang baik untuk diberikan pada anak dan keluarganya serta mana yang tidak baik tentu akan menjadi prioritas seorang wanita. Inilah salahsatu keunggulan wanita sebagai guru pertama bagi anak-anaknya.

Akhir kata saya sebagai seorang wanita hanya bisa sampaikan, marilah kita berusaha untuk selalu mengikuti perkembangan teknologi dan informasi agar kita makin unggul dan survive. Selain penting bagi kehidupan kita sendiri hal itu juga akan penting bagi keluarga kita dan anak-anak kita kelak, karena kitalah yang akan membimbing mereka untuk pertama kali. Kita juga harus mampu menjadi filter atau penyaring informasi yang baik, kita harus jeli melihat mana yang baik untuk kita dan keluarga sekaligus menghindarkan dari hal-hal buruk efek teknologi informasi yang dapat merusak mental maupun

Daftar Pustaka

Bruner, 1966. Media Pembelajaran (7-8). Jakarta: Rajawali Pers, 2010.

Arif S. Sadiman …( et al ). Media Pendidikan Pengertian, Pengembangan, dan Pemanfaatannya. Jakarta : Rajawali, 1986.

Akmal, Khoirul (2009). Kecenderungan Global dalam Pemanfaatan Teknologi Informasi danKomunikasi untuk Pendidikan diIndonesia.

By ptkomunikasi

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s